Tentang Battery Notebook

BATTERY!!!! FACT!

1. Batere sekarang dah terbuat dari lithium-ion based. Apalagi notbuk yang baru-baru keluar belakangan ini dah pasti lithium. Silahkan cek saja di label yang ada di baterenya pasti ada tulisan lithium-ion atau lithium polymer batere.

2. Batere sekarang dah ada IC controllernya dimana IC ini fungsinya untuk mengontrol arus, status batere, termometer, circuit breaker, memory untuk menghitung dah berapa kali dicas, dan banyak lagi. Istilah kerennya adalah Smart BAttery. IC ini letaknya di dalam packing batere tersebut dan di notebook itu sendiri juga ada kontrollernya untuk membaca nilai-nilai yang dibaca oleh IC tersebut. Jadi ada sinkronisasi antar notbook dan batere.

3. Baterai lithium ion itu tersedia dalam satuan 3.6 Volt (peak voltage 3.7 Volt). Makanya kalo batere notebook rata2 pakenya kelipatan 3.6-3.7 Volt (contohnya notebook Acer yang aku gunakan ini pakenya baterai 11.1 Volt = 3.7*3 ada juga yan 14.4 = 3.6*4). Artinya dia pake 3 cell baterai yang diseri (3.7+3.7+3.7). Selanjutnya, kelompok baterai ini akan diparalel lagi untuk membentuk kapasitas yang diinginkan.

Misal satu baterai (cell) tadi kapasitasnya 3.6-3.7 Volt 2200 mAh. Untuk mendapakan baterai besar yang berkapasitas 11.1 Volt 6600 mAh, maka harus pake 9 buah baterai (disebut cell). Tiga cell akan diseri membentuk 11.1 Volt, lalu tiga kelompok ini dipararel membentuk 6600 mAh.

4. Batere lithium itu tidak ada istilah bocor, yang ada rusak karena umur pemakaian. Umur pemakaiannya hitungnya bukan dari faktor kadaluarsa tapi dari CHARGE CYCLE. Maksudnya hitungannya adalah sudah berapa kali batere terseb ut dicharge (cas)? baik dicas dari kosong sampe full atau cas dari separoh sampe full atau dicas cuma setengah jam ngga sampe full atau apapun yang namanya adaptor dicolok dan indikator pengisian batere nyala (sebagai tanda batere sedang dicas) itu dihitung sebagai CHARGE CYCLE.

5. Batere lithium sangat terpengaruh oleh suhu. Jadi kalau suhu baterenya terlalu dngin atau panas, daya simpannya akan berkurang dan lama-lama bisa rusak . Untuk tahu seberapa suhunya silahkan liat manual masing-masing.

6. Ada 2 macam batere lithium yang umum dipake dibagi berdasarkan jenisnya:
– Lithium Ion: ini yang paling umum dipake dimana2 mulai dari hape sampe notbuk sampe batere bios. Biasanya disingkat jadi li-ion.
– Lithium polymer: ini yang paling baru, dimana bentuknya batere itu dalam bentuk pasta baru dipacking dalam satu kemasan tertentu. keunggulannya ada pada karena bentuknya pasta jadi mudah dibentuk dan bisa dibikin tipis banget juga sifat chargenya yang lebih lamban tapi lebih maksimal daya simpannya ga seperti li-ion yang cepet berkurang daya simpannya. Sebetulnya hanya perkembangan dari batere lithium ion saja.
MYTH!!! MITOS!!!

1. Mesti dipake sampe bener-bener abis baru dicas, sama seperti batere ni-cad. Ini adalah BOHONG, yang ada pas dicas mesti nungguin dulu beberapa menit sampe indikator cas nyala, karena dayanya bener-bener habis jadi ga bisa dicas langsung. Kerugiannya terkadang kalau sudah lama tidak dipakai malah bisa rusak karena adaptor ga bisa mancing pengisian di batere, sehingga mesti dijumper dengan arus lebih besar (yang pastinya malah rawan rusak karena overvoltage) atau diganti.

2. Klo batere baru harus dicas dulu semaleman terus dipake sampe abis terus dicas pol berulang2 sampe 2-3x. Ini adalah mitos entah bener ato ga, tapi lebih baik merujuk ke manual instruction notbuk karena terkadang ada manual yang bilang untuk dicas semaleman dan dilakukan prosedur abisin n cas pol selama 2-3x. Ada juga manual yang bilang ga perlu.

3. Pasti bisa direfill. Ini yang sulit untuk dipastiin karena terkadang ada beberapa battery cell yang ga ada di pasaran n kalopun ada ga akan bisa dipake karena ICnya itu yang menghalangi. Menghalangi dalam artian karena ICnya menghitung dah berapa kali dicas akhirnya IC menganggap (walau sudah diganti) klo baterenya dah rusak total jadi ga bisa dicas. Ngakalin hal ini juga sulit karena ga ada standar yang pasti untuk IC tsb.

Hal diatas ini agak-agak mirip sama printer dengan tinta suntik yang kadang2 ga bisa ngeprint jadi printernya mesti direset

5. Batere notbuk ngga boleh dicabut dari notebooknya karena bisa rusak. INI SALAH! karena yang ada klo ngga dicabut-cabut tiap kali kita cas setiap kali pula CHARGE CYCLE BERKURANG akan RUGI! karena terkadang chargenya ngga bisa penuh mau ga mau dicabut dulu, alhasil umur baterenya memendek.
Namun, beberapa notebook punya mekanisme STOP charging saat baterai masih di ambang batas penuh (95% ke atas). So enggak akan bermasalah walaupun dicolok terus.

6. Batere ngga boleh dicas semaleman. INI BENER! karena klo dicas semaleman, rangkaian di adaptor bisa rusak atau di batere bisa rusak, karena ketika batere sudah penuh maka pemutus arus akan memutus arus n menahan arus, akibatnya klo dicolok terus2an pemutus arus rusak terutama yang di adaptor karena arusnya gede banget bisa 20volt lebih. begitu juga yang di adaptor.
Charger generasi baru sudah punya mekanisme STOP charging yang berarti arus yang lewat benar-benar diputus (bukan ditahan). Ga tau kalo charger jaman kuno. Kalo mau bukti, charge aja notebook terus (atau ponsel juga boleh). Saat baterai kosong, pasti charger akan hangat karena ada arus yang lewat. Tapi saat baterai sudah penuh, charger akan dingin karena sudah menghentikan proses charging completely. Kalo uda penuh, rata-rata merek benar-benar completely stop nge-charge dan buktinya adalah chargernya pun akan dingin karena sudah tidak bekerja lagi.

HOW TO USE. PANDUAN PERAWATAN.

1. BACA BUKU PANDUAN/MANUAL/INSTRUCTION MANUAL terlebih dahulu karena buku panduan adalah yang terbaik

2. Jagalah agar charge cycle berkurang sesedikit mungkin. Misalnya klo pas make notbuk di tempat yang ada colokan listrik usahakan untuk make adapator saja. Klo pas di rumah atau kantor bisa juga pake adaptor (klo ada UPS atau stabilizer akan lebih baik). dengan mengurangi pemakaian batere berarti umur batere akan semakin panjang.

3. Klo mau disimpen dalam jangka waktu lebih dari 6 bulanan. Cas batere sampe penuh lalu pake sampe kira2 tinggal 50%, masukkan batere ke kantong kedap udara (klo ada silica gel lebih baik) dan tempatkan di tempat sejuk, gelap dan kering. KLo disimpan lebih dari 1 bulan tapi kurang dari 6 bulan, cukup dengan menyimpannya di tempat yang sejuk, gelap dan kering. SEJUK bukan berarti freezer yah bisa ajah berarti ruangan sejuk sekitar 24 derajat celcius.

4. Hati2 dengan seringnya mencabut dan memasang batere di notbuk karena terkadang ada beberapa notbuk yang engsel atau mekanisme pengunci baterenya mudah rusak. jadi solusinya berhati2lah.

5. Jangan main-main dengan batere seperti dipake untuk keperluan lain misalnya untuk senter atau dll, karena daya simpannya batere cukup besar, buktinya notbuk dell ajah bisa tinggal nama ^^ pas kejadian tahun kemarin sony menarik batere buatannya dimana2.

6. Kalau batere menunjukkan tanda-tanda:
– kemampuan menyalakan notbuknya dah ga selama seperti dulu
– batere dicas ngga penuh-penuh batere dah agak melendung dikit

Berarti batere dah rusak dan perlu diganti, atau kalau memang bisa direfill silahkan direfill dengan resiko ndiri ^^

Referensi :
CHIP Forum

Comments are closed.

%d bloggers like this: