Kuesioner Metodologi Penelitian

Senin, 22 Juni 2009

Partisipan yang terhormat,

Kuesioner ini didesain untuk mempelajari kinerja manajer proyek yang menangani beberapa proyek dalam perusahaan. Informasi yang anda berikan akan membantu kami untuk memahami dengan lebih baik kualitas kerja manajer dalam kehidupan dunia kerja kita. Karena anda adalah pihak yang satu-satunya dapat memberikan kami gambaran yang benar tentang bagaimana anda bekerja dengan manajer, dalam sebuah proyek dan kerja, saya sebagai peneliti meminta anda untuk merespons pertanyaan secara terbuka dan jujur.

Respons anda akan dijaga kerahasiannya. Hanya para peneliti yang akan memiliki akses pada informasi yang anda berikan. Untuk memastikan privasi sepenuhnya, saya sebagai peneliti akan sangat menghargai data privasi anda sebagai responden kami. Nomor, nama, atau kuesioner yang telah diisi tidak akan diserahkan kepada siapapun diluar tim penelitian.

Terima kasih atas waktu dan kerja sama Anda. Saya sangat menghargai bantuan organisasi dan anda, sebagai responden yang kami hargai dalam memperlancar usaha penelitian ini.

Salam hangat,

(ttd.)

Jonas Randitya

Mahasiswa Universitas Trisakti

Pertanyaan di bawah ini menanyakan tentang bagaimana anda mengalami kehidupan kerja anda bersama tim kerja yang dipimpin oleh seorang manajer dalam sebuah proyek. Pikirkan dalam kaitan dengan pengalaman dan prestasi kerja Anda di sisi tiap item dengan menggunakan skala dibawah ini. Berikan tanda silang ( X ) kepada jawaban yang anda pilih.

I. Kinerja Manajer Proyek

Untuk mengukur kinerja manajer proyek digunakan 6 pernyataan dalam format skala Likert yang bersangkutan dengan hal terbuka dengan mencoba hal-hal baru “openness to experience”,The dimension of novelty(Costa & McCrae, 1992).



1 = Sangat Tidak Setuju           4 = Agak Setuju

2 = Tidak Setuju                       5 = Setuju

3 = Agak Tidak Setuju             6 = Sangat Setuju

1. Saya lebih memilih bekerja secara tim dibandingkan individual. 1 2 3 4 5 6
2. Saya akan berusaha untuk memulai diskusi dengan orang lain apabila  mengalami masalah yang belum saya mengerti. 1 2 3 4 5 6
3. Ketertarikan saya akan segala hal membuat saya termotivasi untuk meningkatkan kinerja saya. 1 2 3 4 5 6
4. Saya memiliki pemikiran yang berbeda dengan orang lain sehingga saya tidak ragu untuk memberikan ide saya dalam sebuah diskusi. 1 2 3 4 5 6
5. Saya selalu merasa tertarik untuk mencoba suatu hal yang benar-benar berbeda dengan bidang yang saya tekuni. 1 2 3 4 5 6
6. Saya lebih suka mengahabiskan waktu didalam lingkungan yang familiar dengan saya dibandingkan menghabiskan waktu dengan lingkungan yang berbeda. 1 2 3 4 5 6

Untuk mengukur kinerja manajer proyek digunakan 11 pernyataan dalam format skala Likert yang bersangkutan dengan hal tipe-tipe perilaku , “Type a behaviour pattern”,The Dimension of Pace(Friedman and Rosenman’s book, 1974).



1 = Sangat Jarang          4 = Agak Sering

2 = Jarang                      5 = Sering

3 = Agak Jarang            6 = Sangat Sering

1. Saya mengerjakan sesuatu yang lebih penting terdahulu sebelum hal-hal lainnya. 1 2 3 4 5 6
2. Dalam bekerja saya mengerjakan hal-hal yang saya suka terdahulu dibandingkan dengan hal yang tidak saya suka. 1 2 3 4 5 6
3. Saya mengerjakan banyak hal sekaligus dibandingkan mengerjakannya satu per satu. 1 2 3 4 5 6
4. Saya  mengerjakan beberapa aktivitas  dan berusaha untuk menyelesaikannya dengan lebih cepat. 1 2 3 4 5 6
5. Saya berpikir tentang banyak hal dalam satu waktu. 1 2 3 4 5 6
6. Saya mendengarkan saran dari orang lain dan membandingkannya dengan sudut pandang saya. 1 2 3 4 5 6
7. Saya merasa cepat bosan dan marah apabila terlibat dalam antrian yang panjang. 1 2 3 4 5 6
8. Saya merasa geram dengan suatu hal yang bekerja dengan sangat lamban. 1 2 3 4 5 6
9. Saya merasa ingin membantu apabila melihat teman yang bekerja menghadapi masalah. 1 2 3 4 5 6
10. Apabila seorang teman saya  bekerja sangat lamban saya memilih untuk menegurnya dan menasehatinya karena merasakan geram. 1 2 3 4 5 6
11. Saya berusaha menghormati perasaan orang lain dan berusaha mendengarkannya walaupun  saat itu sedang saya bantu. 1 2 3 4 5 6

Untuk mengukur kinerja manajer proyek digunakan 15 pernyataan dalam format skala Likert yang bersangkutan dengan hal terbuka dengan “Managerial and Entrepreneurial traits”(Pines et al. 2002).



1 = Sangat Jarang          4 = Agak Sering

2 = Jarang                      5 = Sering

3 = Agak Jarang            6 = Sangat Sering

I. 8 items Characterizing Entrepreneurs , love of challenge, initiative, independence, tendency to dream,                      optimism,  creativity, risk taking, and rebelliousness.

1.  Walaupun sudah memiliki pekerjaan tetap saya  juga memiliki usaha lain untuk menambah  pendapatan pribadi saya. 1 2 3 4 5 6
2.  Dalam bekerja saya selalu mengambil posisi untuk terlibat dalam  pekerjaan yang penuh tantangan. 1 2 3 4 5 6
3.  Saya selalu berusaha menegur dan  menasehati  duluan apabila ada sesuatu yang perlu saya sampaikan. 1 2 3 4 5 6
4.  Saya tidak pernah ragu dalam menyampaikan argumen  saya walaupun berbeda pendapat dengan yang lainnya. 1 2 3 4 5 6
5.  Saya selalu memiliki pengharapan yang  positif  terhadap apa yang saya kerjakan. 1 2 3 4 5 6
6. Saya selalu bertegak pada pendirian saya tetapi tetap dalam batasan yang telah ditetapkan seperti peraturan dalam kantor. 1 2 3 4 5 6
7. Saya berani mengambil pekerjaan baru walaupun itu memiliki resiko. 1 2 3 4 5 6
8.  Saya berusaha sebaik mungkin untuk memberikan solusi yang inovatif dan berbeda apabila terlibat dalam sebuah diskusi. 1 2 3 4 5 6

II. 7 items characterizing manager such us commitment, involvement, persistence, need of control, love of management.

1. Mendisiplinkan diri dengan pekerjaan adalah misi saya sehari-hari dalam bekerja 1 2 3 4 5 6
2. Saya berusaha untuk dapat terlibat dalam setiap pekerjaan yang ada didalam bidang saya. 1 2 3 4 5 6
3. Kadang – kadang  perasaan untuk didengarkan oleh orang lain  keluar dari dalam diri saya. 1 2 3 4 5 6
4. Setiap perkerjaan yang saya kerjakan harus selesai dan terlihat presisi. 1 2 3 4 5 6
5. Mungkin saya akan tetap bekerja walaupun tidak digaji. 1 2 3 4 5 6
6. Pekerjaan saya adalah  sebagian  aktivitas  dari hidup saya. 1 2 3 4 5 6
7. Pada waktu tertentu saya mengambil posisi sebagai pengambil keputusan dari beberapa diskusi dengan orang lain. 1 2 3 4 5 6

Untuk mengukur kinerja manajer proyek digunakan beberapa pernyataan dalam format skala Likert yang bersangkutan dengan diri mereka (responden), “attachment teory and the measure of attachment styles”(Hazan and Shaver, 1987)



1 = Sangat tidak seperti saya         4 = Agak seperti saya

2 = Tidak seperti saya                   5 = Seperti saya

3 = Agak tidak seperti saya           6 = Sangat mencerminkan saya

1.  Sangat mudah untuk saya menjadi marah dan kesal apabila berada dikerumunan orang banyak. 1 2 3 4 5 6
2.  Saya merasa nyaman dengan bergantung kepada  keputusan orang lain, tanpa memberikan ide dari saya. 1 2 3 4 5 6
3.  Saya merasa nyaman apabila orang lain bergantung kepada keputusan yang saya ambil. 1 2 3 4 5 6
4.  Saya merasa nyaman dengan  membiarkan orang lain mengambil  keputusan, yang penting saya aman. 1 2 3 4 5 6
5.  Saya selalu menemukan masalah dalam hal memberikan kepercayaan kepada orang lain. 1 2 3 4 5 6
6. Saya merasakan tidak nyaman apabila menjadi terlalu dekat dengan orang lain karena alasan privasi. 1 2 3 4 5 6
7. Saya merasakan kurang percaya apabila akan meminta pertolongan orang lain. 1 2 3 4 5 6
8.  Saya selalu berpikir apakah orang merasakan nyaman berhubungan atau berkomunikasi dengan saya. 1 2 3 4 5 6

II. Kesuksesan/Kinerja tim kerja

Untuk mengukur kesuksesan/kinerja tim kerja digunakan beberapa pernyataan dalam format skala Likert yang bersangkutan dengan “leadership”,Team Performance Management vol.14 No.1/2 p.78(Ananya Rajagopal, 2008).



1 = Sangat tidak sama sekali         4 = Agak sering

2 = tidak sama sekali                     5 = Sering

3 = Agak tidak sama sekali           6 = Sangat sering

1.  Dalam sebuah tim kerja saya selalu ingin menjadi pemimpin. 1 2 3 4 5 6
2.  Bekerja dalam sebuah tim selalu membuat saya merasa nyaman. 1 2 3 4 5 6
3.  Saya merasakan dapat bekerja dalam sebuah tim yang  anggotanya memiliki motivasi tinggi. 1 2 3 4 5 6
4.  Apabila ditanya tentang  pendapat,  saya menempatkan diri saya sebagai pemimpin. 1 2 3 4 5 6
5.  Argumen yang saya sampaikan dalam diskusi sebuah tim selalu mewakili anggota tim lain. 1 2 3 4 5 6

Untuk mengukur kesuksesan/kinerja tim kerja digunakan beberapa pernyataan dalam format skala Likert yang bersangkutan dengan “Time Task synchronization”,Team Performance Management vol.14 No.1/2 p.78(Ananya Rajagopal, 2008).



1 = Sangat lamban        4 = Agak cepat

2 = Lamban                   5 = Cepat

3 = Agak lamban           6 = Sangat cepat

1.  Tim selalu bekerja dengan kurun waktu yang. 1 2 3 4 5 6
2.  Kemampuan tim kerja  saya bekerja dalam  mencapai  target. 1 2 3 4 5 6
3.  Kontribusi informasi diantara anggota tim kerja dapat tergolong dalam waktu yang. 1 2 3 4 5 6
4.  Kinerja tim kerja saya dibandingkan dengan tim kerja yang lain. 1 2 3 4 5 6

Untuk mengukur kesuksesan/kinerja tim kerja digunakan beberapa pernyataan dalam format skala Likert yang bersangkutan dengan “Task Distribution”,Team Performance Management vol.14 No.1/2 p.78(Ananya Rajagopal, 2008).



1 = Sangat tidak puas        4 = Agak puas

2 = Tidak Puas                  5 = Puas

3 = Agak tidak puas          6 = Sangat Puas

1.  Distibusi informasi  baik diantara para  anggota tim membuat saya merasa… 1 2 3 4 5 6
2.  Kebijakan yang ditetapkan dalam tim kerja saya memberikan keleluasaan bagi saya untuk bekerja. 1 2 3 4 5 6
3.  Peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan dalam hal  aturan-aturan bekerja sebagai tim membuat saya… 1 2 3 4 5 6
4.  Penetapan jadwal  akhir deadline dari perusahaan  dalam menyelesaikan   sebuah proyek membuat saya… 1 2 3 4 5 6
5.  Pihak perusahaan akan memberikan insentif yang berbeda kepada setiap anggota tim kerja seusai kinerjanya. 1 2 3 4 5 6

Untuk mengukur kesuksesan/kinerja tim kerja digunakan beberapa pernyataan dalam format skala Likert yang bersangkutan dengan “Team Coordination”,Team Performance Management vol.14 No.1/2 p.78(Ananya Rajagopal, 2008).



1 = Sangat kurang        4 = Agak bagus

2 = Kurang                   5 = Bagus

3 = Agak kurang          6 = Sangat Bagus

1.  Kebijakan perusahaan dalam memberikan kebijakan terhadap tim kerja anda. 1 2 3 4 5 6
2.  Intensitas  komunikasi dan bagaimana arus kerja dalam  tim kerja saya. 1 2 3 4 5 6
3.  Kemampuan dalam memberikan informasi yang akurat kepada anggota tim kerja lainnya agar meningkatkan kinerja tim. 1 2 3 4 5 6
4.  Pengendalian tim dimana saya bekerja apabila menghadapi suatu masalah. 1 2 3 4 5 6
5.  Kesiagaan tim kerja saya dalam beroperasi  untuk menghindari sebuah masalah. 1 2 3 4 5 6

Untuk mengukur kesuksesan/kinerja tim kerja digunakan beberapa pernyataan dalam format skala Likert yang bersangkutan dengan “Professional Development”,Team Performance Management vol.14 No.1/2 p.78(Ananya Rajagopal, 2008).



1 = Sangat kurang        4 = Agak bagus

2 = Kurang                   5 = Bagus

3 = Agak kurang          6 = Sangat Bagus

1.  Adaptasi para anggota tim kerja pada saat terjun kelapangan 1 2 3 4 5 6
2.  Daya tim kerja anda dalam menghindari  kesalahan atau error  yang seharusnya tidak terjadi. 1 2 3 4 5 6
3.  Daya  tim kerja anda  dalam menangani sebuah masalah yang  timbul secara tiba-tiba. 1 2 3 4 5 6
4.  Pembobotan dan pembagian kerja pada saat tim kerja beroperasi dilapangan . 1 2 3 4 5 6
5.  Pemberian nilai lebih dalam tim anda apabila seorang anggota tim kerja  bekerja lebih dominan daripada yang  lainnya. 1 2 3 4 5 6

PROFIL RESPONDEN

Silahkan Lingkari nomor yang mewakili respons yang paling tepat untuk Anda terkait dengan item berikut ,

1. Usia anda (tahun)

1. Dibawah 20

2. 20-35

3. 36-50

4. 51-65

2.Tingkat Pendidikan tertinggi anda

1. Sekolah Menengah Pertama

2. Sekolah Menengah Atas

3. Tingkat Sekolah tinggi

4. Tingkat Sarjana

3.   Jenis Kelamin Anda

1. Wanita

2. Pria

4. Status Pernikahan Anda

1. Menikah

2. Bujang

3. Janda /Duda

4. Cerai

5. Lama Bekerja dalam Organisasi (Tahun)

1. Kurang Dari 1

2. 1 – 2

3. 3- 5

4. 6 – 10

5. Lebih dari 10

6. Jumlah organisasi dimana anda pernah bekerja sebelum bergabung dengan Organisasi ini

1. Tidak satupun

2. Satu

3. Dua

4. Tiga

5. Empat atau lebih

Dengan tulus saya menghargai waktu dan kerja sama Anda. Pertanyaan dalam survei ini mungkin belum mencakup semua hal dan belum selengkap dan komprehensif, sehingga tidak memberi Anda kesempatan untuk menyampaikan beberapa hal yang mungkin ingin Anda sampaikan mengenai pekerjaan, organisasi, atau diri anda sendiri. Mohon periksa kembali untuk memastikan Anda tidak melewatkan satu pertanyaan secara tidak sengaja.

Terima Kasih.

Comments are closed.

